-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DEMI MELESTARIKAN SENI BUDAYA PENCAK SILAT MASYARAKAT KUBANG BAROS JALIN SILATURAHMI

Tuesday 12 September 2023 | September 12, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-12T11:50:24Z

Serang, Media Kriminalitas- Pencak Silat adalah seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Seni bela diri ini memiliki banyak variasi gerakan, teknik, dan filosofi yang berbeda-beda tergantung dari daerah asalnya. Pencak Silat merupakan gabungan dari gerakan-gerakan bela diri serta kepercayaan, budaya, dan adat istiadat setempat. Selain sebagai seni bela diri, Pencak Silat juga memiliki nilai-nilai sosial, keagamaan, dan kebudayaan yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia.
Pencak Silat dikenal sebagai seni bela diri yang sangat efektif dalam pertarungan jarak dekat dan gerakan-gerakan yang lincah. Seni bela diri ini juga memiliki banyak teknik serangan dan pertahanan menggunakan tangan kosong, senjata tradisional, dan teknik pernapasan yang sangat penting untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan tubuh. Pencak Silat juga sering ditampilkan dalam berbagai acara seni budaya, seperti pertunjukan tari dan drama, serta menjadi bagian dari identitas nasional Indonesia.
Dalam rangka menjalin kesatuan persatuan dan silaturahmi masyarakat Desa Kubang Baros, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang Banten, H.Ade, salah satu Tokoh Masyarakat di Kampung Sadatani mengajak warga masyarakatnya untuk mencintai dan melestarikan seni budaya Pencak Silat yang saat ini sudah mulai pudar dan dilupakan khususnya bagi generasi muda.
Kepada Media Kriminalitas, H. Ade mengungkapkan bahwa di Desa Kubang Baros banyak potensi yang harus dikembangkan, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia nya, " salah satunya banyak kelompok - kelompok perguruan seni budaya Pencak Silat di desa Kubang Baros yang perlu dibina dan mendapat dukungan dari semua pihak," ungkap H.Ade , Sabtu, 09/09/2023
Dikatakan H. Ade, bahwa dirinya menyatakan siap mengabdikan diri kepada warga masyarakat Desa Kubang Baros, menjadi Pembina sekaligus menjadi Guru Pencak silat  dengan menumbuhkan Kembangkan sumberdaya manusia khususnya memupuk silaturahmi melalui seni budaya Pencak Silat, dengan maksud dan tujuannya ingin mempersatukan dan kekompakan Masyarakat di desa Kubang Baros, Insyaallah kedepannya dirinya menyatakan siap jika di calonkan oleh warga masyarakat untuk ikut serta pada Pemilihan Kepala Desa serentak, mohon doa dan dukungannya."Terang H.Ade.(Jhonusi)

 

×
Berita Terbaru Update