-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tingkatkan Profesionalisme, Puspenerbad Gelar Latihan Tembak Senjata Pesawat Terbang

Friday 25 June 2021 | June 25, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-17T04:40:22Z

JAKARTA – Meningkatkan profesional prajurit penerbang, Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) melaksanakan latihan menembak senjata pesawat terbang (Latbak Jat Sabang) di daerah latihan Pelempungan, Semarang, Jawa Tengah, Jum’at (25/6/2021).

Latihan menembak senjata pesawat terbang melibatkan 80 orang prajurit penerbang yang terdiri dari 30 orang sebagai penyelenggara, 30 orang sebagai pelaku dan 20 orang sebagai pendukung.

Seperti yang disampaikan oleh Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Danpuspenerbad) Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso selaku Pimpinan umum Latihan bahwa tujuan latihan ini diselenggarakan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak senjata pesawat terbang prajurit Penerbad.

“Latihan ini merupakan salah satu latihan guna meningkatkan profesionalisme prajurit Penerbad, yang menitikberatkan kemampuan untuk melaksanakan salah satu fungsi Penerbad yaitu fungsi tembakan dengan menggunakan helikopter serbu beserta persenjataannya secara taktis di lapangan untuk menghacurkan objek vital dan perkubuan musuh serta melindungi diri dalam rangka melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi militer selain perang (OMSP) bersifat tempur, “ jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Latihan Letkol Cpn I Made Puput Wikarma dan Koordinator Materi Latihan Letkol Cpn Dwi Cahyo Budiarto menyampaikan bahwa latihan ini menggunakan dua buah Helikopter Bell 412/EP dan memakai senjata AP M80 Gatling Gun serta senjata MAG-58 Kal 7,62 mm.

Materi latihan yaitu teknik terbang pada penembakan senjata MAG-58 dan senjata AP M80 Ball Gatling Gun, Mission planning penembakan, pengetahuan dan pengoperasionalan senjata, Prosedur penembakan serta Crew Resource Management (CRM).

Latihan demikian diharapkan agar prajurit Penerbad memahami dan mampu melaksanakan tehnik terbang pada penembakan senjata MAG-58 untuk Crew spesialisasi NVG, memahami dan mampu melaksanakan penembakan senjata MAG-58 baik siang maupun malam hari dan senjata AP M80 Ball Gatling Gun untuk siang hari. Latihan dilaksanakan selama lima hari, mulai dari tanggal 21 – 25 Juni 2021. (Red/Dispenad)

×
Berita Terbaru Update