-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Porang Tanaman Pendongkrak Ekonomi

Tuesday 1 February 2022 | February 01, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-17T04:39:46Z

 


Serang, KV - Tanaman porang merupakan tanaman anggota family Aracacea yang secara umum dikenal dengan nama bunga bangkai karena baunya yang tidak sedap. Budidaya yang sedang dilakukan berada di Wilayah Kota Serang Provinsi Banten. di beberapa daerah, porang dikenal dengan nama yang berbeda-beda. Ada yang menyebutnya iles-iles, iles kuning acung atau acoan.  Sepintas, tanaman porang mirip dengan suweg bahasa latinnya Amorphophallus Campanulatus, iles-iles putih atau Amorphophallus Spp), dan walur Amorphophallus variabilis . Selasa (01/02/2022)


Lutfi mengatakan  "Porang mempunyai ciri Daun lebar, ujung daun runcing dan berwarna hijau muda Kulit batangnya halus, berwarna belang-belang hijau dan putih Pada permukaan umbi tidak ada bintil Umbi berserat halus dan berwarna kekuningan Pada setiap pertemuan cabang dan ketiak daun terdapat bubil/katak Umbi tak dapat dikonsumsi dan harus melalui proses."


 Porang juga mempunyai manfaat karena  mengandung karbohidrat, lemak, protein mineral, vitamin, kristal kalsium oksalat, alkaloid, dan serat pangan. Karbohidrat merupakan komponen penting dari umbi porang yang terdiri atas pati, glucomannan serat kasar dan gula reduksi. 


Porang juga memiliki kandungan glukomanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman kerabat yang lain. Kandungan lainnya pada porang di antaranya kristal kalsium oksalat, berbentuk jarum, inilah yang menyebabkan lidah dan tenggorokan terasa gatal dan panas saat mengonsumsinya. Keberadaan kalsium oksalat pada porang ini pula yang membuatnya terbatas untuk pemanfaatan porang sebagai bahan pangan. Akan tetapi, melalui perlakuan pendahuluan yang tepat seperti adanya perendaman dalam larutan garam atau asam, sebagian besar kalsium oksalat dapat dihilangkan. Umbinya yang dimanfaatkan dan memiliki nilai jual. Umbinya memiliki kandungan Glucomannan dan kalsiumnya tinggi porang juga bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk kebutuhan konsumsi, tetapi juga membuat lem organik serta penjernih air. Bahkan, menjadi salah satu bahan pembuatan komponen pesawat terbang. Produk porang yang biasa diolah dan dipasarkan dari umbi segar adalah chips, tepung porang (konjac flour), dan tepung glukomanan (konjac glucomannan). 


Untuk apa tepung porang? Biasanya dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti pangan fungsional, pakan ternak, pengikat air, bahan pengental, penggumpal atau pembentuk gel dan makanan diet rendah lemak dan kalori, terutama karena sifat kelarutan glukomanannya yang tinggi dalam air. Jika dimanfaatkan sebagai bahan pangan, tepung porang dapat diolah menjadi konnyaku (mirip tahu) dan shirataki (berbentuk mie) yang cukup terkenal di Jepang, China, dan Taiwan. Porang juga bisa ditambahkan saat pembuatan mie. Penambahan 1 persen tepung porang dapat meningkatkan kandungan protein, lemak, pati, serat dan pengembangan mie. Ada pula yang memanfaatkan tepung porang untuk penstabil es krim.  tutupnya. 

(Gunawan/ redaksi)

×
Berita Terbaru Update