-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kontraktor Pelaksana CV Karya Persada Kerjakan Proyek Jalan Surianeun - Cimoyan, Warga Pinta Dinas PUPR Awasi Ketat

Monday 11 April 2022 | April 11, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-05T05:36:20Z

 


Pandeglang, klikviral.com - Pelaksanaan Pekerjaan Jalan Surianeun - Cimoyan di Wilayah Kecamatan Patia harus diawasi dengan ketat. Hal tersebut perlu dilakukan untuk memastikan bahwa pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik, dan menghindari kemungkinan adanya penyelewengan atau penyimpangan, baik yang bersifat anggaran (budgeting) ataupun proses (prosedur) dan kewenangan (authority).


Proyek pekerjaan jalan dengan Nilai Kontrak Milyaran bersumber dari dana Pemerintah Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dengan Kontraktor pelaksana CV. Karya Persada Mulia. 


Dari hasil penelusuran awak media dilapangan, dan dari hasil wawancara dengan Sabda, warga Desa Surianeun kepada media mengatakan bahwa oroses pelaksanaan pekerjaan harus sesuai dengan tujuan pembangunan, yakni pembangunan untuk mendapatkan perencanaan jalan yang aman, nyaman, dan ekonomis. Sehingga memudahkan untuk mencapai suatu lokasi dan menghasilkan suatu tingkat kenyamanan dan keamanan yang tinggi bagi pengguna jalan tersebut. 


"Untuk Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas akses jalan, namun dalam realita yang terjadi justru pembangunan hanya dijadikan ajang manfaat bagi golongan tertentu, maka secara bersamaan peran aktif masyarakat dalam pengawasan pembangunan perlu dilakukan," ucap Sabda.


Sabda menjelaskan, proyek bernomor 620/19/SP/RJ/DPUPR-BM/2022 dengan Nilai Kontrak Milyaran Rp. 4.360.424.307,- (Empat Milyar Tiga Ratus Enam Puluh Juta Empat Ratus Dua Puluh Empat Ribu Tiga Ratus Tujuh Rupiah) harus sesuai dengan harapan, mengedepankan kualitas terbaik sehingga dapat dimanfaatkan jangka panjang. 


"Kita ketahui bahwa proyek dari Sumber Dana APBD Kabupaten Pandeglang Tahun Anggaran 2022 bernilai milyaran, jadi pembangunan harus sesuai dengan perencanaan jangan asal jadi," pinta Sabda.




Ia berharap dari tenggang waktu yang ditentukan 13 Januari 2022 dalam Jangka Waktu 120 (Seratus Dua Puluh) Hari Kalender, Pelaksanaan dapat dikerjakan dengan maksimal dan diawasi secara ketat agar hasil yang diperoleh memuaskan.


"Saya kira dari waktu yang ditentukan sudah lebih dari cukup untuk sebuah pekerjaan jika dimanfaatkan secara optimal, dari Mulai 23 Februari 2022 hingga selesai 22 Juni 2022," papar Sabda. 


Dia juga mengungkapkan, Tahapan kegiatan perlu diperhatikan dalam sebuah pekerjaan, seperti Project Planning Phase (Tahapan Perencanaan Proyek), Project Monitoring & Control Phase (Tahap Pemantauan dan Pengendalian Proyek).


"Pentingnya pembangunan jalan merupakan salah satu hal yang selalu beriringan dengan kemajuan teknologi dan pemikiran manusia yang menggunakannya, karena jalan merupakan fasilitas penting bagi manusia agar dapat mencapai suatu daerah yang ingin dicapai seperti halnya diwilayah Kecamatan Patia yang masih banyak persoalan-persoalan jalan yang belum dituntaskan, untuk itu pembangunan yang sedang berjalan harus diawasi ketat oleh semua kalangan," ujar Sabda.


Warga Desa Surianeun itu juga menambahkan, bahwa dalam proses pekerjaan pelaksana adalah bagian dari kontraktor yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan teknik dilapangan.


"Kami warga meminta kepada Dinas terkait agar memberikan teguran kepada kontraktor dengan tidak stanby pelaksana proyek dilokasi kegiatan, maka sangat dikhawatirkan jika pelaksanaan tidak maksimal," tutur Sabda.


Selain itu, Sabda menegaskan bahwa bukan hanya pelaksana proyek yang seharusnya stanby untuk mengawasi jalannya pekerjaan namun Konsultan Pengawas wajib berada dilokasi proyek saat proses pekerjaan.


"Dalam dunia konstruksi Konsultan pengawas adalah pihak yang ditunjuk oleh pemilik proyek (owner) untuk melaksanakan pekerjaan pengawasan. Konsultan pengawas dapat berupa badan usaha atau perorangan, fakta yang terjadi justru konsultan tak nampak, hal itu juga tidak tercantum dalam papan informasi kegiatan," bebernya.


(YEYEN SUDRAJAT/RG)

×
Berita Terbaru Update